hans-blancos. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Memperpanjang Penggunaan Baterai Laptop


Sebagian besar pengguna laptop tentu berharap baterai mereka bisa digunakan lebih lama. Itu adalah hal yang wajar. Meskipun setiap tahun kemampuan baterai semakin meningkat, kebutuhan energi laptop juga meningkat. Hasilnya, rata-rata waktu penggunaan baterai masih terbilang pendek (sebagian besar laptop sekitar 3 sampai 4 jam). Namun, Anda tidak harus duduk sambil melihat layar kosong. Berikut adalah tip untuk memperpanjang penggunaan baterai laptop Anda.

1. Matikan Semua Fungsi yang Tidak Penting
Matikan jika Anda tidak menggunakannya. Banyak pekerja mobile yang sudah tau bahwa Anda sebaiknya tidak memutar DVD di atas pesawat, dan setiap kali Anda menekan "Save" itu membuat hard disk mendesing (berputar) yang mengambil energi lebih besar. Namun, user sering kali lupa mematikan kartu wireless ketika tidak sedang digunakan. Ketika dibiarkan menyala, kartu wireless akan terus mencari jaringan.

2. Jauhi Tempat Bersuhu Tinggi.
Teknologi beterai memang tidak sederhana. Namun, kita perlu tahu sedikit tentang senyawa di dalam baterai, dan bagaimana itu bisa memperangaruhi kerja Anda. Suhu bisa mempengaruhi performa Anda. Baterai paling baik digunakan (dan terutama di-charge) pada suhu ruangan. Kondisi yang ekstrim bisa membuat baterai Anda cepat habis. Selain itu, hindari pengisian setengah-setengah dan gunakan baterai sampai mati. Mengisi dan memakai baterai setengah setengah menurut para ahli bisa memperpendek penggunaan baterai.

3. Biarkan Laptop Anda yang Melakukan Penghematan.
Tidak semua perangkat memakai energi dengan cara yang sama. Beberapa laptop mutakhir, yang diperuntukan buat user mobile, dirancang untuk lebih hemat energi. Dan itu, adalah hal yang bagus jika Anda tidak lupa untuk memanfaatkannya. Banyak user melakukan kesalahan dengan tidak memanfaatkan kemampuan perangkat itu sendiri untuk menghemat penggunaan baterai. Bagaimana cara memanfaatkan pengehematan energi yang ada di dalam laptop? Coba lita user manual Anda. Kadang mengalibrasi laptop tidak sekedar mengklik ganda icon baterai pada system tray.

4. Selalu bawa perangkat cadangan yang menggunakan Baterai.
Kenapa ini perlu? Ketersedian outlet listrik "free" di luar tidak bisa diramalkan. Mungkin kadang kita pernah berfikir bahwa terminal aiport, cafe, atau hotel sengaja menyembunyikan outler listrik mereka supaya kita tidak menggunakannya. Perangkat seperti ponsel atau PDA bisa membantu dalam melakukan pekerjaan ketika menggunakan baterai.

Jka Anda bergantung pada baterai ketika melakukan pekerjaan di perjalanan, maka Anda melakukan cek fisik. Meskipun baterai dapat melanjutkan produltivitas Anda ketika di luar di pesawat, tempat terpencil atau lobi hotel mereka tidak akan bertahan lama. Dan kenyataannya, mereka mungkin tidak akan pernah cukup. Maksudnya adalah meskipun Anda sudah melakukan semua tindakan pencegahan yang diperlukan, mungkin pikiran Anda masih berisi ide-ide yang perlu diketikkan. Dan tanpa perlu digunakan untuk keperluan tambahan apapun, hanya masalah waktu sebelum baterai habus pada saat yang tidak menguntungkan.
Intinya adalah meskipun tips di sini akan memperpanjang baterai Anda, mereka tidak akan membuat mereka bertahan selamanya. Pabrik mungkin membuat seolah-olah laptop mereka akan berjalan selamanya, tapi sebagian besar dari kita tahu bahwa yang terjadi adalah sebaliknya.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar